Pengertian sosial media
Pengertian
media sosial atau dalam bahasa inggris “Social Media”menurut tata bahasa,
terdiri dari kata “Social” yang memiliki arti kemasyarakatan
atau sebuah interaksi dan “Media” adalah sebuah wadah atau tempat sosial itu
sendiri.
Media
sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan
mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring
sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog,
jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein,
mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis
internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran “user-generated content”.
Pengertian Social
Network
“Jejaring
sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga”.(Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954)
Social
Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai
komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada
bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim
disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan
social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi
penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs
social networking yang populer dewasa ini antara
lain facebook dan twitter.
Sejarah social network
Kemunculan
situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan
orang-orang dari seluruh belahan duniaSitus jejaring sosial pertama, yaitu
Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997.] Situs ini memiliki aplikasi untuk
membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. ] Tahun 1999 dan 2000,
muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas
informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk
memperbesar jejaring bisnis Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak
muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh.[ Dalam
keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan
dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul
kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005,
friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling
diminatiMemasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser
dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan
orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009,
kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda.
Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow),
dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow).
]. Tahun 2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk
semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan
jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk
mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
·
Kelebihan
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
·
Kelemahan
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang
Perbedaan Social Media
dan Sosial Network
Perbedaan Social media dan Sosial
Network yaitu mereka merupakan sama – sama media yang menyampaikan informasi,
namun dalam menyampaikan informasi nya itu yang berbeda. Sebenarnya media
sosial itu merupakan bagian dari media massa ,media massa itu terbagi 2 yaitu
media massa konvensional dan media massa modern. Sosial Media ini termasuk
dalam media massa modern. Lain halnya jika media massa konvensional. Seperti
yang telah ketahui, media massa konvensional berupa majalah, koran, dan
hal – hal yang termasuk percetakan. Lalu melihat dari perbedaan antara media
massa konvensional dengan media sosial ini adalah
1. Media massa konvensional cenderung lebih
lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru di banding media sosial.
2. Media massa konvensional terdapat
gatekeeper sedangkan media sosial tidak.
3. Media massa konvensional lebih lama dalam
memberi feedback atau respon di banding media sosial.
Reverensi :
0 komentar:
Posting Komentar